-->

Cara Menulis CV yang Baik dan Benar

Cara Menulis CV yang Baik dan Benar

Cara Menulis CV yang Baik dan Benar

CV merupakan hal yang wajib diajukan oleh seseorang yang ingin melamar sebuah pekerjaan. 
CV atau Curriculum Vitae dalam Bahasa Indonesia berarti daftar riwayat hidup. 

Didalam CV terdapat berbagai informasi yang perlu diketahui oleh perusahaan yang kalian tuju sebagai rujukan kinerja kalian. 

Ada beberapa hal yang ada dalam CV seperti nama lengkap, skill, pengalaman berorganisasi, prestasi, pengalaman kerja, dll. Namun sayangnya masih banyak orang yang sembarangan mengisi CV. 

Ada beberapa cara untuk menulis CV dengan baik dan benar. Cara ini bertujuan agar CV kalian dapat menarik perhatian perusahaan yang kalian tuju. Pihak perusahaan tak akan terlalu serius dalam melihat atau meneliti CV kalian. 

Hanya beberapa hal penting saja yang dilihat dan membutuhkan waktu tak lebih dari 10 detik untuk mengecek CV kalian. Selain itu desain dan juga susunan kata atau runtutan yang lainnya cukup berpengaruh. 

Berikut ini adalah artikel yang akan membantu kalian untuk mengetahui cara menulis CV yang baik dan benar.

Cara agar CV kalian dapat menarik perhatian perusahaan:

1. Desain yang simpel

Gunakan tampilan desain yang simpel, tampilan dapat berupa warna yang ringan dan tak terlalu mencolok. Susunan tampilan serta kata juga jangan sembarangan, font yang mudah untuk dibaca, penataan kata dan kalimat harus sesuai, dll.

2. Informasi harus relevan

Informasi juga haru relevan dengan pekerjaan yang ingin kalian tempati. Jangan membuat informasi yang berbeda dengan jobdisk perusahaan yang kalian tuju. 

Misalnya kalian ingin melamar kerja sebagai Content Writer, namun kalian tak memiliki skill serta portofolio mengenai bidang kepenulisan. 

Kalian malah memasukkan skill atau pengalaman dalam bidang musik. Tentu saja tidak nyambung dan tidak akan diterima perusahaan karena CV tidak relevan.

3. Tak ada ruang yang kosong

Jangan sampai ada ruang kosong dalam tampilan CV kalian. Biasanya banyak orang yang membiarkan hal ini terjadi. 

Namun, sebaiknya untuk mengisi tempat kosong tersebut. Isi dengan pengalaman, skill atau yang lainnya. Setidaknya harus relevan dan juga dapat memenuhi seluruh tampilan CV sehingga tampilannya nanti terlihat lebih menarik.

4. Tulis soft skill dan hard skill yang benar

Soft skill merupakan kemampuan diri kalian untuk berinteraksi dengan orang lain. Dalam hal ini yang dimaksud adalah berinteraksi dengan rekan kerja ataupun atasan kalian.

Beberapa soft skill yang penting ditulis untuk perusahaan adalah seperti kepemimpinan, komunikasi, kerja sama yang baik, manajemen waktu yang baik, dll.

Sedangkan hard skill adalah kemampuan untuk bekerja dalam jenjang karir professional dengan skill yang lebih khusus. Misalnya seperti Content writing, Video editing, Photography, dll.

Tulis dengan tepat dan jangan sampai melenceng dengan tujuan kalian malamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Hal yang tak perlu ditulis dalam CV:

1. Seluruh latar belakang pendidikan

Hal ini juga cukup penting, jangan menulis semua jenjang pendidikan kalian. Misalnya jenjang pendidikan dimulai dari TK/SD hingga S3 kalian tulis semua. 

Hal ini tidaklah bagus untuk sebuah CV. Tulis saja 2 gelar pendidikan terakhir seperti SMAN 1 KOTA MALANG dan S1 Sastra Inggris UNESA. 2 pendidikan terakhir saja sudah cukup sebenarnya.

2. Pengalaman kerja yang tak relevan

Jika kalian sudah memiliki pengalaman kerja lain, namun ternyata tidak sesuai dengan pengalaman kerja yang baru. 

Bisa dibilang jika pengalaman kerja yang lama berbeda jauh dengan yang baru maka lebih baik tak usah ditulis. Tulis saja yang berhubungan atau relevan.

3. Skill yang tak perlu ditulis

Jangan menulis skill yang bahkan sebenarnya tidak perlu ditulis dalam sebuah CV. Tulis skill yang relevan dan bisa dibilang dapat menunjang perusahaan tersebut. 

Contohnya skill bermain bola, skill makan dengan cepat, nahh apalagi? Jangan bermain-main dengan CV kalian. Kecuali jika kalian ingin menjadi pemain sepakbola. Memangnya pemain sepakbola memakai CV?

Nah, itulah beberapa cara menulis CV yang baik dan benar. Semoga bermanfaat, jika ada yang salah atau kurang dapat dikritik ataupun diberi saran. Jika menarik silakan bagikan kepada teman kalian. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

10 Komentar untuk "Cara Menulis CV yang Baik dan Benar"

  1. Alhamdulillah dapat ilmu baru lagi dari Blog Abang hehe. Kali ini bagaimana membuat CV yang baik dan benar.

    Ini nanti bisa Teddy terapkan saat akan melamar pekerjaan, semoga bisa masuk pekerjaan yang sesuai passion.

    Terima Kasih Bang.

    BalasHapus
  2. Menarik dan mencerahkan, Kak. Masih sering nemuin CV berlembar-lembar tapi isinya kurang relevan dengan pekerjaan yang sedang dilamar nih.

    Vita-mamanesia.com

    BalasHapus
  3. Herijo said:
    Wah. Ternyata selama ini saya banyak salahnya dalam menulis CV. Dengan menuliskan semua pendidikan saya. Makasih atas koreksinya.

    BalasHapus
  4. Wah terima kasih. dulu semasa masih berstatus sebagai pelamar kerja dari fresh graduate, saya masih sering lakuin kesalahan dengan masukin informasi tidak relevan, apa saja saya masukin ke dalam cv, mau itu gak nyambung sama pekerjaan yang dilamar atau tidak.

    Hasilnya, saya lumayan lama dapat pekerjaan. Wwkwk..
    sekarang, saya sudah tahu apa itu CV tertarget

    BalasHapus
  5. Jadi inget dulu masa-masa mencari kerja kalau ngomongin CV.
    CV yang baik memang akan menjadi salah satu penunjang penilaian pihak HRD dalam menerima pelamar

    BalasHapus
  6. Bermanfaat nih buat yang baru pertama kali nulis cv, dulu sy jg ngikutin tutorial" buat cv yang baik di internet.

    BalasHapus
  7. Saya kadang masih bingung, apakah CV yang benar itu harus ATS friendly atau enggak? Soalnya saya yang kerjanya di bidang kreatif lebih pilih yang nggak ATS, jadi tetep kayak desain CV yang berwarna dan pake foto.

    BalasHapus
  8. Waah tips yg sangat bermanfaat. Bisa untuk share ke fresh graduate atau yg sedang program pkl. Terimakasih sharingnya

    BalasHapus
  9. Siip ini info dan tips cara menulis cv nya, memang harus diperhatikan ya hal yang perlu ditulis atau tidak, tak perlu menuliskan yang enggak penting, harus relevan saja dengan perkerjaan yang ingin di tempati.

    BalasHapus
  10. Penting banget nih buat para fresh graduate untuk cari kerja, cv memang harus menarik dan menggambarkan siapa diri pelamar, minat. CV jadi ajang promosi, jangan sampai gak tampilan gak bagus jadi kehilangan peluang

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel