-->

Macam-Macam CMS yang Sering Digunakan Saat Ini

Macam-Macam CMS

Macam-macam CMS

CMS (Content Management System) adalah sebuah software yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan atau pembuatan sebuah website tanpa memerlukan pemahaman pemrograman terlalu dalam. 

CMS membantu kalian yang ingin membuat website dengan mudah dan cepat. 

Pengertian lebih lanjut bisa kalian baca pada artikel saya yang satu ini: Apa Itu CMS?

Dengan berkembangnya teknologi, penyedia CMS semakin banyak. Semua platform memiliki keunggulan, perbedaan serta kelemahan masing-masing. 

Kalian bebas memilih platform CMS mana yang ingin digunakan sesuai kebutuhan dan minat. Berikut ini adalah macam-macam CMS yang sering digunakan hingga saat ini:

1. Wordpress

CMS pertama yang akan dibahas dan paling banyak digunakan saat ini adalah Wordpress. Dengan menggunakan CMS Wordpress kalian dapat membuat website blog, website sekolah, website toko online, website perusahaan serta website untuk pembelajaran.

Wordpress bersifat open source yang artinya setiap orang dapat mengaksesnya dan mengoperasikan CMS ini. Wordpress sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua yaitu Wordpress.com dan Wordpress.org. 

Perbedaan dari kedua ini adalah terletak pada penyewaan hosting dan domain. Jika kalian menggunakan Wordpress.org kalian dapat dengan bebas mengubah nama domain seperti .com, .id, .site, dan masih banyak lagi. 

Namun, jika kalian menggunakan Wordpress.com maka nama website kalian nantinya akan ada tambahan nama “wordpress” didalamnya. Contoh, “www.websiteku.wordpress.com” selain itu fitur dari Wordpress.org juga lebih banyak daripada Wordpress.com. 

Pengaturan SEO dari wordpress juga dapat diatur dengan mudah agar website kalian dapat bersaing di page one google.

2. Joomla

Yang kedua adalah CMS Joomla, Joomla sama dengan Wordpress yang merupakan platform open source. Joomla juga menggunakan bahasa PHP dan database mysql dalam pengoperasiannya. 

Joomla juga dapat digunakan untuk membuat website blog, website perusahaan, website toko online, dsb. Salah satu perbedaanya dari Wordpress adalah penggunaan fitur dari Joomla lebih hebat dibandingkan Wordpress. 

Joomla lebih cocok digunakan untuk orang-orang yang lebih berpengalaman. Sedangkan jika kalian seorang pemula maka alangkah lebih baik menggunakan Wordpress atau CMS lain.

3. Drupal

Selanjutnya adalah Drupal, CMS Satu ini juga menjadi salah satu yang paling populer. Namun kebanyakan pengguna mengeluhkan dengan kesulitan dalam penggunaannya. Banyaknya fitur dari CMS Drupal yang membuat banyak orang kesulitan. 

CMS ini pun lebih cocok digunakan untuk orang yang lebih berpengalaman. Situs-situs yang kiranya menggunakan CMS Drupal dalam pembuatan websitenya antara lain adalah eBay.inc, Tesla, WhiteHouse.gov dan masih banyak lagi.

4. Prestashop

CMS satu ini juga bersifat open source dengan beragam fitur. Namun CMS satu ini khusus dibuat untuk keperluan website toko online. CMS ini menjadi rekomendasi bagi kalian yang ingin membuat toko online. 

Prestashop memiliki banyak template toko online yang dapat kalian gunakan, dengan begitu kalian pun lebih mudah untuk menyesuaikan kebutuhan toko online yang ingin dibuat.

5. OpenCart

Sama halnya dengan Prestashop, CMS Opencart juga khusus digunakan untuk pembuatan website toko online. Kelebihan dari Opencart adalah penggunaannya yang lebih simpel dan mudah.

Kalian tak perlu khawatir, meski fitur yang lebih simpel dan mudah, hasil dari tampilan website kalian tetap dapat terlihat apik dan tetap user friendly.

6. Magento

CMS Magento juga sama dengan kedua CMS sebelumnya yaitu CMS ini digunakan khusus untuk pembuatan toko online. Fitur yang dimiliki dari Magento lebih banyak dari CMS sebelumnya.

Namun Magento merupakan salah satu CMS yang sama seperti Drupal yaitu kesulitan dalam penggunaannya. Namun permsalahan tersebut dapat diselesaikan dengan fitur-fitur dari dalam CMS Magento itu sendiri. Jadi kalian masih dapat menggunakan CMS ini dengan baik meski sebagai pemula.

7. Moodle

CMS Moodle pada umumnya digunakan untuk membuat sebuah aplikasi e-learning. Fitur yang diberikan oleh CMS ini cukup lengkap, fitur e-course yang lengkap itu seperti online test, forum, dan lain sebagainya.

Pengoperasian dari Moodle juga cukup rumit. Kalian perlu memiliki pemahaman teknis yang baik dalam penggunaannya. Supaya pembuatan website yang kalian inginkan berjalan lancar.

8. Vbulletin

Vbulletin merupakan salah satu CMS berbayar yang digunakan untuk membuat website, portal, atau forum diskusi dalam skala yang besar. CMS ini juga dikembangkan menggunakan Bahasa pemrograman PHP serta database MySQL.

CMS ini bersifat komersial dan memiliki 2 versi yaitu versi classic yang harganya $195 dan publishing suite seharga $285.

9. Aura CMS

Aura CMS merupakan salah satu CMS karya dalam negeri. Mungkin tak banyak yang mengetahui CMS ini. CMS ini juga berbasis PHP4 dan MySQL. Aura CMS merupakan buatan Indonesia. 

Meski CMS ini mungkin tidak sesuai judul karena penggunaanya sekarang yang masih kalah dengan yang lain. CMS ini saya masukkan agar kita dapat bangga menggunakan produk dalam negeri.

10. XOOPS

XOOPs merupakan singkatan dari eXtensible Object Oriented Portal System. XOOPS dulunya adalah sebuah portal system, namun sekarang berubah menjadi CMS.

XOOPS juga bersifat open source dan juga berbasis bahasa pemrograman PHP untuk platformnya. XOOPS ideal untuk sebuah website yang digunakan sebagai situs web komunitas, portal internal perusahaan, web blog, portal korporasi dan lain sebagainya.

11. Blogspot

Blogspot merupakan salah satu CMS yang langsung dikelola oleh Google dan menjadi CMS yang populer sejak dulu. Blogspot dapat diakses siapa saja karena bersifat opensource. 

Blogspot juga memiliki fitur yang cukup bagus untuk kalian yang ingin membuat blog pribadi, blog portofolio, blog berita dan lain sebagainya. 

Namun untuk website toko online tidak dapat menggunakan blogspot. Kalian dapat mengatur nama domain juga. Selain itu hosting disediakan gratis oleh Google dan memiliki kapasitas yang besar serta aman karena data disimpan dalam database Google sendiri.

Itulah macam-macam CMS yang dapat kalian pilih sesuai kebutuhan dan tujuan pembuatan website. Semoga bermanfaat, silakan bagikan jika menarik serta berikan kritik maupun saran di kolom komentar jika ada kekurangan. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

11 Komentar untuk "Macam-Macam CMS yang Sering Digunakan Saat Ini"

  1. waw banyak juga ya
    aku selama ini cuma familiar sama blogspot dan wordpress haha
    eh joomla pernah denger ding tapi udah lama banget

    BalasHapus
  2. Baru pake blogspot doang. Joomla sudah pernah belajar dulu, tapi susah.. Karena belajarnya serba otodidak

    BalasHapus
  3. jadi banyak tahu macam-macam CMS ini, saya tahunya baru blogspot dan wordpres, ternyata lainnya banyak juga yang bisa dipakai ya

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah dapat ilmu baru lagi, dulu hanya tahu 2 itu. Kalau bukan wordpress ya blogspot, rupanya banyak sekali ya CMS di luar sana Bang.

    Apakah Abang seorang programmer? Jika iya, apa boleh suatu saat nanti Teddy bertanya-tanya?

    Terima Kasih Bang.

    BalasHapus
  5. WordPress dan Blogspot. Dulu memang pernah pakai Joomla, tapi untuk navigasinya ribet bat. Mungkin waktu itu masih versi lama kali ya..2016.

    Kalau yang sekarang merajalela itu memang WordPress sih. Pluginnya gila-gilaan

    BalasHapus
  6. Hwaaa aku sama sekali ngga ngerti bahasa bahasa pemrogaman begini, dan baru ngeuh ternyata Blogspot jg menjadi salah satu cms yah

    BalasHapus
  7. Baru tahu kalo selama ini blogspot dan wordpress masuk di CMS. Terus banyak juga ya CMS selain wordpress-blogspot

    BalasHapus
  8. Saya baru pakai WordPress dan Blogspot, yg sudah ada sejak lama dan gampang menggunakannya. Kalo CMS yg lainnya belum pernah sih

    BalasHapus
  9. Wah aku baru tau tentang CMS ini... tapi selama ini aku ngeblog pake blogspot.

    BalasHapus
  10. Diantara cms lainnya, 'wordpress san blogger menjadi salah satu yg banyak digandrungi dibanding yg lainnya

    BalasHapus
  11. Baru nyoba yg nomor 1 doang. Selebihnya baru tau setelah baca blog ini hehe. Thank u infonya.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel