-->

11 Situs Freelance untuk Pemula

11 Situs Freelance untuk Pemula


Freelance merupakan salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati di Indonesia. Banyak bidang yang dapat dikerjakan dalam sebuah pekerjaan lepas atau freelance. 

Jika kalian ingin menjadi seorang freelancer, yaitu orang yang bekerja tanpa berstatus pekerja perusahaan atau karyawan, maka harus memiliki skill yang dapat ditawarkan kepada orang lain. 

Keahlian tersebut misalnya seperti Edit Video, Menulis, Programming, Desain logo dan masih banyak lagi. Atau untuk kalian yang memiliki sebuah bisnis atau perusahaan dan ingin mencari jasa dari seorang freelancer, jangan khawatir. 

Sekarang sudah banyak situs online yang menyediakan tempat untuk para freelancer baik pemula maupun ahli. Kalian hanya perlu mencari seseorang yang pantas untuk dipekerjakan dengan kriteria yang ditentukan. 

Jika kalian freelancer pemula, maka siapkan portofolio dan keahlian yang mumpuni jika ingin direkrut orang lain dalam situs freelance. 

Berikut ini adalah situs freelance untuk pemula yang dapat kalian kunjungi:

1. Sribulancer

Sribulancer merupakan salah satu situs website untuk mencari ataupun menjadi freelancer. Mulai dari pembuatan website, aplikasi mobile, desain grafis, penulisan, dan masih banyak lagi. 

Sistem pembayarannya juga bermacam-macam mulai dari transfer antar bank lokal, e-wallet, dan juga bisa lewat akun PayPal pribadi.

Baca juga:  9 Cara Menjadi Freelancer Pemula

2. Projects.co.id

Projects.co.id menjadi salah satu situs freelance terkenal di Indonesia. Projects.co.id merupakan situs freelance dan juga transaksi produk digital dengan sitem kerja remote. 

Kalian dapat menjual jasa atau keahlian kalian mulai dari desain logo, audio video, pemrograman, penulisan, dan yang lainnya.

3. Fiverr

Jika kalian ingin memulai perjalanan sebagai freelancer dalam lingkup internasional, maka Fiverr adalah rekomendasi yang cocok. 

Fiver merupakan situs freelance dari luar negeri yang memiliki tarif minimal 5 dollar untuk pembayaran pekerjanya. Nama Fiverr sendiri diambil dari kata Five dollar, atau lima dollar. 

Dengan sistem kerja yang mudah serta jangkauan klien yang lebih luas. Kalian dapat mencoba situs ini. 

Jenis pekerjaan atau jasa yang ditawarkan juga sangatlah banyak mulai dari pemrograman, penerjemah, penulisan, sampai juga desain untuk NFT.

4. Freelancer Indonesia

Situs Freelancer.co.id memiliki pengguna yang sangat banyak. Banyak perusahaan menjadikan situs ini sebagai tujuan utama mereka merekrut atau mempekerjakan freelancer. 

Bahkan penawaran yang diberikan cukup tinggi sesuai dengan keahlian yang kalian tawarkan.

5. Upwork

Upwork juga merupakan salah satu situs luar negeri untuk para freelancer. Dengan pengguna yang banyak, Upwork sering dipakai oleh para pebisnis baik dari level menengah hingga atas. 

Fitur yang praktis menjadi keunggulan agar kalian lebih mudah menggunakan dan mendapatkan pekerjaan atau mencari freelancer di Upwork.

6. Writer Access

Sesuai seperti namanya, Writer Access adalah situs untuk para penulis lepas. Situs ini menjadi salah satu situs kepenulisan artikel terpercaya. 

Disini kalian dapat meenyediakan berbagai jenis kepenulisan seperti artikel SEO, Copywriter, ulasan bisnis ekonomi, dan masih banyak lagi.

7. SociaBuzz

SociaBuzz merupakan tempat untuk mempubilkasikan karya kalian yang berupa foto atau video. Untuk para fotografer dan videographer daapat menjual karyanya disini. 

Selain itu kalian dapat juga menawarkan keahlian lai seperti MC, make up, dan yang lainnya. Karena banyak tawaran dari perusahaan-perusahaan lain setiap harinya.

8. 99design

Sesuai dengan nama situsnya, 99design merupakan situs untuk para designer seperti desain 2D ataupun 3D. 

Kalian dapat menawarkan keahlian kalian seperti membuat desain banner, flyer, psotingan Instagram, Facebook, desain web, desain logo, desain presentasi, dan masih banyak lagi.

9. TaskRabbit

Pekerjaan online tak hanya dapat diakses lewat android atau PC saja. di TaskRabbit pelayanan lebih berfokus pada penyedia sarana pekerjaan di tempat tinggal. 

Misalnya penyediaan komposisi furniture, perbaikan, pengemasan dan pengiriman, dan masih banyak lagi.

10. Sribu

Situs sribu hampir sama dengan situs lain, namun sekarang sribu lebih berfokus menyediakan layanan freelance desain seperti desain logo, desain website, desain produk, desain kemasan, desain merchandising, dan masih banyak lagi.

11. Toptal

Selanjutnya adalah situs freelance Toptal, pada situs ini kalian perlu memiliki portofolio yang bagus dan berkualitas. 

Karena klien tidak hanya melihat skill kalian saja. Tetapi juga apa saja yang telah kalian kerjakan dan bagaimana hasilnya.

Itulah beberapa situs freelance untuk pemula. Namun jika kalian memang sudah professional, tak ada salahnya untuk mencoba. Semoga apa yang kalian kerjakan berjalan lancar. 

Semoga  bermanfaat, silakan bagikan artikel ini jika menarik dan silakan berkomentar apabila ada kritik atau saran. Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

11 Komentar untuk "11 Situs Freelance untuk Pemula"

  1. wah banyak juga ya ternyata situsnya, banyak yang belum saya coba kak, wajib banget saya cobain niy kak, izin save artikelnya ya kak

    BalasHapus
  2. saya baru nyoba di fiverr sih bro

    BalasHapus
  3. Ternyata banyak juga situs utk freelancer ya, dan saya baru pakai fiverr aja. Perlu coba yg lain juga ni

    BalasHapus
  4. Dari sekian banyak aku cuma kenal sociabuzz aja lo. Makasih infonya, bisa buat referensi nih buat mamak2 freelancer sepertiku

    BalasHapus
  5. banyak juga ternyata situs freelancer ini dan saya belum pernah nyobain nih satu pun... haduh

    BalasHapus
  6. Wah boleh juga nih dijajaki. Referensinya banyak ya. Aku taunya baru sociabuzz.

    BalasHapus
  7. Baru nyoba yg Sosiago. Hasilnya lumayan... Next, cobain yg lain.

    BalasHapus
  8. Wah izin save ini sih! Pas banget lagi nyari penghasilan tambahan. Makasih banyak sharingnya...

    BalasHapus
  9. Waah, mantap list situs freelance nya, Kak. Baru tahu ini. belum ada yang saya coba, jadi pengen nyobain nih. Makasih yaa

    BalasHapus
  10. Terima kasih infonya! Saya pernah di projects.co.id aja, yang lain belum nih. Bisa dicoba✨

    BalasHapus
  11. Sribulancer dan Projects.co, pernah nyoba dari sana, sayangnya belum belum rezeki dapat proyekkan wkwkw..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel