-->

Apa Beda Blog dan Website? Berikut Penjelasannya

Apa Beda Blog dan Website

Apa Beda Blog dan Website


Apa beda Blog dan Website? Kebanyakan orang mengira kalau blog dan website adalah satu kesamaan. Namun ternyata dua hal ini berbeda lhoo. 

Blog dan Website memiliki beberapa perbedaan yang dapat kalian ketahui dengan mudah. Tak perlu bingung untuk mengetahui perbedaannya. 

Artikel berikut ini akan membahas mengenai apa beda blog dan website, simak artikel berikut:

Pengertian Blog dan Website

Yang pertama adalah pengertian dari Blog, Blog adalah kependekan dari web blog yang merupakan sebuah media untuk memuat sebuah konten berupa artikel, foto, maupun video.

Biasanya konten blog memiliki tema tertentu seperti teknologi, travel, makanan, dll. Konten dalam sebuah blog juga biasanya diperbaharui oleh penulisnya secara berkala.

Sedangkan Website adalah sekumpulan dari halaman web yang berada dalam satu domain dan memilki satu keterhubungan. 

Contohnya seperti Google.com, beberapa website e-commerce, website resmi perusahaan, dll.

Informasi yang ditampilkan oleh website adalah yang umum untuk diketahui seperti beranda, profil, kontak, halaman dari produk, dll.

Untuk lebih jelasnya, bisa lanjut kalian baca dibawah ini mengenai beberapa perbedaan lainnya:

Perbedaan Blog dan Website

1. Tujuan

Yang pertama dari segi tujuan adalah Blog lebih menekankan untuk memberi tahu atau berkomunikasi kepada pengunjungnya mengenai informasi yang dicari.

Sebuah blog menginginkan audiens yang banyak untuk konten mereka. 

Blog biasanya digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, penyajian informasi atau berita, dan tak lupa menggunakan kaidah SEO.

Baca juga: Apa itu SEO dan SEM? Berikut Pengertian dan Perbedaannya

Tujuannya agar dapat berada pada halaman pertama mesin pencari Google.

Tujuan dari website adalah meningkatkan kepercayaan dengan audiens, berbeda dengan blog yang memiliki tujuan untuk berkomunikasi dengan audiens.

Tujuan dari website juga tidak terlalu berbeda, website digunakan untuk branding, menampilkan produk dari perusahaan, berita dan informasi produk, dsb.

Bisa dibilang kalau website lebih digunakan untuk keperluan branding dan transaksi. 

Sedangkan blog digunakan untuk menjangkau orang lain dengan cara yang komunikatif. Kedua hal ini (blog dan website) sebenarnya dapat dijadikan satu.

2. Isi Konten

Selanjutnya adalah isi konten, isi konten dari blog bisa dibilang relevan dengan pembaca. 

Bentuk dan tema dari konten beragam, mulai dari artikel, foto, video, dengan tema seperti teknologi, makanan, travel, dsb.

Konten blog juga dapat berupa informasi pribadi seperti pengalaman, opini, keseharian si penulis (blogger).

Sedangkan untuk blog perusahaan biasanya membahas mengenai informasi seputar perusahaan tersebut, yang relevan dengan bisnis yang dijalankan. Seperti, produk, alamat, kontak.

Isi dari website biasanya berisi informasi umum mengenai layanan atau produk dari sebuah perusahaan.

Optimasi SEO yang dilakukan memiliki trik tersendiri karena kata kunci dari sebuah konten website adalah nama perusahaan dan kata kunci yang relevan dengan layanan atau produk.

3. Gaya bahasa

Gaya bahasa juga menjadi salah satu pembeda dari blog dan website. Gaya bahasa tulisan di blog bisa dibilang lebih santai, apalagi blog pribadi. 

Karena tujuannya sendiri memang untuk berkomunikasi, sehingga agar mudah dipahami, penggunaan bahasa yang santai bisa dilakukan. Kecuali untuk blog berita yang mengharuskan penggunaan bahasa lebih baku.

Sedangkan penggunaan bahasa di website lebih formal dan professional. Karena target yang dituju lebih umum, penyampaian juga langsung terarah. 

4. Arah komunikasi 

Sebuah blog lebih bersifat interaktif dimana ada juga fitur kolom komentar, sebagai tempat diskusi antara penulis dan pembaca.

Sedangkan untuk website arah komunikasi lebih terarah, pembuat website akan mengarahkan kepada form kontak atau ke media sosial dari website untuk berhubungan langsung dengan audiens.

5. Waktu rilis dan update

Sebuah blog biasanya memiliki waktu yang telah ditentukannya sendiri. Biasanya seorang blogger bahkan bisa membuat konten setiap hari.

Sedangkan untuk website, update hanya akan dilakukan jika memang diperlukan. Biasanya jika ada penambahan fitur, adanya penambahan layanan atau produk.

6. Daftar kategori konten

Biasanya sebuah blog akan membagi kategori konten mereka sesuai dengan topik, missal tema blog kalian teknologi, maka topiknya dapat meliputi gadget, robotika, pemrograman, startup digital, dll.

Sedangkan untuk kategori konten dari website biasanya sesuai dengan produk atau layanan yang diberikan. 

Misalnya saja seperti website penjual domain yang menyediakan produk atau layanan seperti Domain, Hosting, dll.

7. Pengelola 

Yang selanjutnya yaitu pengelola dari blog dan website. Sebuah blog biasanya dikelola oleh seorang penulis (blogger) atau beberapa blogger.

Sedangkan untuk website biasanya dikelola oleh tim khusus yang bisa terdiri dari web developer, web designer, copywriter, dll.

Itulah penjelasan mengenai apa beda blog dan website. Meskipun memiliki perbedaan sebuah blog dan website sebenarnya bisa dijadikan satu kombinasi juga karena dapat saling membantu.

Semoga bermanfaat, silakan bagikan jika menarik dan berikan kritik ataupun saran di kolom komentar jika ada tambahan.

Sekian, terima kasih.



Referensi: Niagahoster.co.id


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

6 Komentar untuk "Apa Beda Blog dan Website? Berikut Penjelasannya"

  1. Wah, terima kasih, Kak, telah menjawab pertanyaan yang selama ini ada di benak. Serupa, tetapi tak sama, ya. Akhirnya, saya tahu perbedaan blog dan website.

    BalasHapus
  2. wow lengkap sekali informasinya! sekarang sudah enggak kebingungan lagi kalau ada yang nanya apa bedanya blog sama website hehe

    BalasHapus
  3. Ilmu baru lagi.. Yang saya tahu perbedaan blog dan website itu gaya bahasa nya, ternyata ada banyak perbedaannya

    BalasHapus
  4. Tapi sekarang ngga jarang yaa blogger yang punya website, dari segi bahasa juga disesaikan sama website2 besar gitu, CMIIW

    BalasHapus
  5. Akhirnya bisa tau tentang beda blog dan web soale kemarin" udah penasaran tp belum sempat searching

    BalasHapus
  6. Akhirnya bisa tidur nyenyak. Makasih banyak kak. Bisa tahu akhirnya beda web dan blog.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel