-->

Apa yang Dimaksud Dengan Copywriting? Berikut Penjelasannya

Apa yang Dimaksud Dengan Copywriting

Apa yang Dimaksud Dengan Copywriting


Apakah kalian sering melihat tulisan yang ada pada suatu iklan baik di TV ataupun media sosial?

Tulisan pada iklan tersebut pasti menarik dan membuat kalian penasaran serta ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang ditawarkan pengiklan. 

Siapakah orang dibalik tulisan tersebut? Orang yang bertugas melakukan promosi lewat tulisan, sederhananya seperti itu. 

Namun ternyata tidak hanya sekedar menulis saja loh, ia adalah seorang Copywriter dan skill atau teknik yang dimiliki adalah copywriting. 

Kemampuan ini sangat penting dalam pelaksanaan promosi atau pemasaran. Apa yang dimaksud dengan copywriting? Mari simak artikel berikut ini.

Apa Itu Copywriting

Copywriting adalah teknik menulis yang digunakan untuk menarik perhatian orang lain. Teknik ini digunakan untuk melakukan pemasaran atau promosi.  

Hal ini dilakukan agar orang tersebut melakukan sesuatu terhadap produk atau layanan yang dipromosikan seperti melakukan klik, pendaftaran, berlangganan atau juga hingga melakukan pembelian.

Pada awalnya copywriting ini digunakan untuk billboard, sales letter dan media penjualan tertulis lainnya.

Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, teknik copywriting ini masih cukup penting untuk dilakukan. 

Selain untuk media tulisan, sekarang teknik ini juga diterapkan dalam pembuatan naskah podcast ataupun video.

Tulisan copywriting dapat digunakan dalam berbagai media seperti di dalam artikel blog, email newsletter, postingan media sosial, hingga judul dan deskripsi dari video YouTube.

Jenis Copywriting

Berikut ini adalah jenis yang ada dari teknik Copywriting:

1. Brand Copywriting

Jenis satu ini bertujuan untuk memberikan penyampaian untuk audiens tentang citra dan identitas brand.

Biasanya jenis ini berupa slogan atau tagline yang digunakan oleh brand sebagai pembeda dengan kompetitornya.

Tulisan jenis brand copywriting ini biasanya ditaruh pada logo atau halaman “tentang kami” mengenai identitas brand tersebut.

2. Direct Response Copywriting

Jenis Direct Response Copywriting adalah jenis tulisan yang bertujuan untuk mendapatkan tanggapan secara langsung dari audiens.

Misalnya seperti mengarahkan audiens untuk melakukan klik terhadap tombol berlangganan, download e-book, berbagi konten, dan lain sebagainya.

Biasanya jenis ini digunakan pada homepage, landing page, iklan di media sosial, dan lain sebagainya. 

3. Marketing Copywriting

Jenis satu ini berfungsi untuk memberikan informasi dengan menawarkan produk, penyampaian solusi, dan juga menyampaikan mengenai manfaat dari produk.

Tujuan jenis yang satu ini adalah untuk mengajak kalian membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Jenis tulisan ini biasa digunakan pada homepage dan juga email marketing.

4. SEO Copywriting

Nah, untuk yang satu ini yaitu jenis SEO Copywriting selain digunakan untuk menarik perhatian dari audiens atau konsumen, SEO Copywriting juga digunakan untuk menempatkan posisi konten pada Google.

Maka kepenulisan juga harus memenuhi kaidah SEO. Jenis satu ini biasanya digunakan pada landing page, kategori produk, dan juga deskripsi produk.

5. Technical Copywriting

Selanjutnya adalah Technical copywriting yang bertujuan untuk memberikan pemahaman secara jelas kepada konsumen mengenai cara kerja produk atau layanan.

Jenis ini biasanya digunakan pada produk teknologi, kecantikan, dan kesehatan.

Skill yang dimiliki seorang Copywriter

Berikut ini adalah skill yang harus kalian miliki untuk menjadi seorang Copywriter:

1. Kepenulisan

Yang pertama tentunya adalah seorang Copywriter harus mahir dalam menulis. Karena pekerjaan ini merupakan pekerjaan menulis.

Dan tentuny tidak hanya menulis yang biasa-biasa saja apalagi tidak beraturan. Kosakata serta ejaan juga harus baik.

2. Kreativitas

Selanjutnya yang terpenting tentu saja sebuah kreativitas. Seorang Copywriter diharuskan dapat menulis tulisan yang dapat menarik perhatian orang lain. 

Maka dari itu tulisan juga diperhatikan apakah menarik untuk konsumen. Bayangkan kalian adalah pembacanya.

3. SEO

Selanjutnya adalah SEO (Search Engine Optimization), yang digunakan untuk mendapatkan posisi teratas pada mesin pencari.

Tulis sesuai kaidah SEO agar tulisan kalian dapat semakin mendapat konsumen yang banyak. Apalagi jika jenis Copywriting yang dilakukan adalah SEO Copywriting.

4. Riset 

Selanjutnya adalah riset. Riset juga sangat penting untuk dilakukan agar informasi yang akan disampaikan sesuai dengan apa yang diinginkan perusahaan.

Kalian dapat melakukan riset kata kunci yang sesuai dengan topik dan carilah referensi yang terpercaya. 

Melakukan riset juga bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap kalian yang belum memahami materi atau konten yang ingin ditulis.

5. Tepat waktu

Dalam setiap pekerjaan kalian memang diharuskan memiliki sikap disiplin seperti tepat waktu. Karena proyek atau permintaan tulisan yang diberikan biasanya memiliki batas waktu.

Dalam pekerjaan ini kalian haruslah tepat waktu dalam pengerjaan tugas. Apalagi jika kalian ingin menjadi seorang professional.

Kalian harus bekerja secara cekatan dan efektif agar dapat dipercaya oleh perusahaan. Selain itu tulisan yang dihasilkan juga tidak boleh sembarangan. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan copywriting, jenis dan skill apa saja yang dibutuhkan oleh seorang copywriter.

Semoga bermanfaat, silakan bagikan jika menarik dan berikan kritik atau saran pada kolom komentar dibawah jika ada salah kata.

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Apa yang Dimaksud Dengan Copywriting? Berikut Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel