-->

Cara Memulai Bisnis Startup Digital untuk Pemula

9 Cara Memulai Bisnis Startup Digital

Cara Memulai Bisnis Startup Digital


Memulai sebuah bisnis Startup bukanlah perkara yang mudah. Apalagi untuk seorang pemula. Namun di era digital seperti sekarang ini akan jauh lebih mudah daripada beberapa tahun kebelakang. 

Memang butuh kerja keras dan keseriusan dalam proses yang dilakukan. Hal ini bertujuan agar startup yang dibangun nantinya dapat bersaing dengan startup yang lain.

Dengan semakin berkembangnya teknologi. Kalian harus benar-benar memahami seluk-beluk teknologi agar dapat memaksimalkan hasil yang akan didapat pada startup yang didirikan. 

Memulai bisnis startup digital menggunakan website ataupun aplikasi, karena dengan bantuan teknologi inilah startup dapat lebih dikenal dan mudah melakukan pemasaran. 

Selain itu ada beberapa hal yang penting diketahui dalam memulai sebuah bisnis startup digital. Berikut ini cara memulai bisnis startup digital:

1. Menemukan ide

Ide yang kalian temukan sebaiknya merupakan ide yang dapat menyelesaikan permasalahan orang-orang. 

Selain itu inovasi yang harus kalian tunjukkan juga harus jelas agar startup yang kalian bangun mendapat tempat di masyarakat serta dapat bermanfaat. 

Ide dapat muncul darimana saja, lihat permasalahan disekitar dan temukan solusi serta berikan inovasi agar dapat dilakukan dengan baik. 

Memang terdengar mudah, namun coba lakukan dan pikirkan daripada diam, startup seperti apa yang ingin kalian bangun. 

2. Melakukan riset

Tak semua ide juga dapat dieksekusi secara matang. Terkadang tidak semua orang memiliki permasalahan yang sama. 

Apalagi jika inovasi yang kalian temukan tidak terlalu berdampak kepada orang lain. Sebelum mengeksekusi ide yang telah muncul di kepala kalian, lakukanlah riset terlebih dahulu. 

Riset yang dilakukan dapat berupa data atau informasi dari masyarakat sekitar baik itu seperti jumlah penduduk, kebutuhan, permasalahan apa saja yang dihadapi, dsb.

3. Membuat rencana bisnis 

Membuat rencana bisnis merupakan hal yang wajib dilakukan. Untuk dapat melangkah lebih jauh dan lama. Sebuah startup memerlukan strategi yang baik. 

Susunan rencana bisnis dapat membantu startup untuk dapat menjalankan rencana dengan tidak sembarangan. 

Dengan rencana bisnis juga dapat membuat kalian mendapat bantuan dana pinjaman ataupun dukungan dari investor.

4. Mencari sumber dana

Mencari dana sebenarnya tidak harus melalui investor. Untuk sebuah startup yang baru saja memulai apalagi, fokuskan untuk melakukan riset dan perancangan ide yang baik untuk eksekusi kedepannya. 

Dana bisa kalian dapatkan sendiri melalui tabungan pribadi, bank, meminjam keluarga atau teman. 

Jika memang startup kalian sudah berjalan lancar dan semakin berkembang, investor akan mulai tertarik untuk memberikan dana kepada startup yang kalian miliki.

5. Mencari orang yang satu pemikiran

Mendapatkan teman yang memiliki satu visi dan misi merupakan hal yang berharga. Dengan memiliki rekan yang dapat diandalkan karena satu pemikiran, maka startup yang akan dibangun pasti dapat berjalan jauh lebih mudah. 

Dengan pemikiran yang sama, semangat dan perjuangan pun dapat dilakukan bersama. Dan jika ada kesalahan pasti akan saling memahami dan memberikan pelajaran, bukannya saling menyalahkan.

6. Memerhatikan pasar yang dituju

Perhatikan apakah ide yang kalian miliki dapat diterima oleh orang lain, serta pemasaran yang kalian lakukan haruslah tepat. 

Misalnya kalian ingin membuat sebuah startup yang bergerak di bidang edukasi, namun sasaran promosi kalian malah kepada orang yang sudah lulus. 

Perhatikan siapa dan dimana kalian melakukan promosi, jika di media sosial, maka mintalah bantuan untuk para ahli dalam bidang digital marketing.

7. Memerhatikan kualitas produk

Produk ataupun jasa dari bisnis startup digital kalian haruslah dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. 

Pelayanan harus diperhatikan serta tidak ada kesalahan fatal yang dapat terjadi. Kualitas produk memengaruhi startup kalian di mata masyarakat.

8. Pertahankan pelayanan konsumen

Dengan kualitas yang baik maka konsumen akan merasa nyaman serta senang dengan bisnis yang kalian jalankan. 

Pertahankan pelayanan tersebut dan pertahankan konsumen tersebut agar tidak berhenti ataupun berpindah kepada produk lain. 

Tingkatkan kualitas layanan website atau aplikasi, memberikan bonus, beberapa penghargaan kecil ataupun dengan pelayanan secara langsung yang ramah.

9. Konsisten dan memperluas bisnis

Dan yang terpenting adalah konsisten untuk menjalankan bisnis startup digital ini dengan maksimal. Terus mencoba meski gagal. Karena tidak ada hal yang instan, semuanya membutuhkan proses. 

Selain itu kalian juga harus melakukan ekspansi bisnis agar dapat lebih dikenal oleh banyak orang. 

Jika memang sudah mendapat suntikan dana dari investor, maka dapat kalian gunakan dana tersebut untuk memperluas bisnis.

Itulah beberapa cara memulai bisnis startup digital. Dan yang paling penting tentunya adalah menguasai adanya teknologi digital. 

Jika memang kesulitan mintalah bantuan rekan yang ahli dan lakukan kerja sama. 

Semoga bermanfaat, silakan bagikan jika menarik dan berikan komentar jika ada kritik ataupun saran pada kolom komentar di bawah.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Startup Digital untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel