-->

Cara Menjadi Copywriter Pemula

Cara Menjadi Copywriter Pemula

Cara Menjadi Copywriter Pemula


Apakah kalian memiliki minat atau bakat dalam dunia kepenulisan? Mungkin profesi yang satu ini bisa menjadi pilihan pekerjaan dalam karir kepenulisan yang kalian inginkan.

Yaitu menjadi copywriter, Copywriter adalah seorang yang bertugas menulis untuk sebuah perusahaan baik melalui media sosial, website, ataupun aplikasi dengan tujuan menarik konsumen untuk membeli barang atau layanan. 

Untuk lebih lengkapnya kalian dapat membaca artikel saya sebelumnya yaitu: Apa yang Dimaksud Dengan Copywriting? Berikut Penjelasannya

Tugas yang diberikan kepada seorang copywriter kurang lebih seperti berikut ini:

Tugas Copywriter

1. Menulis tulisan yang sesuai kaidah

Tulisan sesuai dengan kaidah kepenulisan, sesuai dengan teknik yang ada mengenai copywriting dan tentunya bisa menguasai dasar menulis yang baik terutama menulis persuasif.

2. Menguasai teknologi

Yang terpenting tentu saja menguasai bidang teknologi. Karena tulisan seorang copywriter nanti biasanya akan dipublish di media sosial, aplikasi, ataupun website.

Menguasai teknologi akan menjadi nilai tambahan yang mendukung kalian untuk bekerja.

3. Mengajak audiens dan membangun traffic

Selain mengajak audiens dengan tulisan yang persuasif, seorang copywriter juga diharapkan dapat membangun traffic pengunjung lewat tulisannya.

Jika ditugaskan dalam menulis untuk sebuah website, pengetahuan tentang SEO juga penting untuk dikuasai seorang copywriter.

Nah, untuk menjadi seorang copywriter pemula yang baik, kalian bisa menyimak artikel berikut ini.

Pada artikel ini akan dijelaskan sedikit mengenai beberapa tips atau cara menjadi copywriter pemula. 

Cara Menjadi Copywriter

1. Mempelajari dasar Copywriting dan periklanan

Yang pertama adalah mempelajari dasar dari copywriting serta beberapa ilmu mengenai dunia marketing atau periklanan. 

Kalian dapat mengikuti kelas atau kursus yang khusus membahas mengenai Copywriting.

Atau dapat belajar langsung kepada orang yang berpengalaman, selain itu informasi juga sudah banyak tersedia di internet.

2. Sering membaca

Yang kedua tentunya adalah sering membaca. Dengan membaca kalian dapat memperoleh kosakata yang baru, pelajaran yang baru serta menambah berbagai ilmu kepenulisan.

Dengan sering membaca juga dapat membuat kalian merasa terbiasa dan tidak akan terbebani dengan tugas yang diberikan. 

Karena pekerjaan ini dalam dunia kepenulisan, rajin membaca akan menjadi nilai plus.

3. Melatih skill menulis

Selain membaca kalian juga harus sering menulis. Karena pekerjaan kalian nantinya adalah menulis, namun dalam menulis dengan teknik copywriting tidak boleh sembarangan.

Maka dari itu poin nomor satu yaitu mempelajari dasar Copywriting dan periklanan adalah hal yang penting.

Dengan rajin menulis kalian juga akan menambah skill yang berguna dalam pekerjaan kalian. Teknik menulis kalian pasti lebih bertambah dan lebih menikmati saat menulis. 

4. Belajar dasar menulis persuasif

Tips satu ini juga termasuk dalam melatih skill menulis, namun yang lebih ditekankan adalah menulis dengan dasar persuasif.

Dengan tulisan yang memengaruhi dan meyakinkan orang lain untuk melakukan tindakan terhadap produk atau layanan yang dimiliki perusahaan.

5. Membuat portofolio

Cara selanjutnya juga cukup penting dalam sebuah pekerjaan yaitu membuat sebuah portofolio, terutama untuk mengajukan lamaran pekerjaan.

Dengan adanya portofolio, perusahaan akan lebih yakin untuk mempekerjakan kalian, karena sudah ada karya yang telah dibuat.

Portofolio seorang penulis bisa berupa tulisan di blog, tulisan media sosial seperti microblog Instagram, sertifikat kepenulisan, dll.

6. Magang menjadi copywriter pemula

Untuk pemula lebih baik cari seadanya, tidak harus pekerjaan tetap, tidak harus gaji yang besar, jika ada kesempatan magang meski tidak dibayarpun coba saja.

Karena biasanya akan ada sertifikat yang diberikan. Nah, sertifikat tersebut dapat kalian taruh di portofolio sebagai pendukung surat lamaran kerja berikutnya.

7. Freelance 

Kalian juga dapat mencoba menjadi seorang freelancer. Menjadi freelancer pemula berarti kalian dapat mencari klien terlebih dahulu.

Kalian bisa mencari lewat situs-situs online yang tersedia banyak di internet. Selain itu kalian juga dapat membuka jasa menulis di media sosial kalian ataupun blog pribadi.

8. Memaksimalkan skill dan menjadi professional

Teruslah belajar, menambah pengalaman dan juga skill. Selalu serius dan kerja keras dalam melaksanakan pekerjaan.

Jika kalian memberikan usaha yang maksimal dan hasil yang didapat juga sesuai harapan, maka pekerjaan akan mudah mendatangi kalian.

Itulah beberapa tips atau cara menjadi copywriter untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Silakan bagikan jika menarik dan berikan komentar jika ada kritik ataupun saran. 

Sekian, terima kasih.


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjadi Copywriter Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel