-->

Apa yang Dimaksud dengan Content Creator? Berikut Ini Skill dan Tipsnya

Apa yang Dimaksud dengan Content Creator

Apa yang Dimaksud dengan Content Creator


Semakin berkembangnya teknologi, berbagai jenis profesi baru mulai bermunculan. Dan salah satunya adalah menjadi seorang Content creator. 

Profesi ini semakin banyak diminati dan menjadi banyak impian para generasi muda, bahkan yang sudah tua sekalipun dapat menjadi content creator juga.

Menjadi content creator memang tidak memiliki batasan usia untuk memulainya, siapa saja dapat menjadi content creator, baik dari kalangan bawah, menengah, atas, seorang pegawai kantoran, guru, atau bahkan siswa sekolah bisa menjadi content creator.

Cara memulainya juga cukup mudah jika memiliki beberapa keahlian dan persiapan yang akan dibahas pada artikel berikut ini.

Dengan adanya platform media sosial terutama akan memudahkan kalian yang ingin menjadi seorang content creator.

Sebelum itu, apakah kalian sudah mengerti apa yang dimaksud dengan content creator itu? 

Berikut ini adalah pengertian, skill yang dibutuhkan dan juga tips menjadi seorang content creator.

Simak artikel berikut ini.

Apa itu content creator?

Content creator adalah orang yang membuat sebuah konten, baik berupa foto, video, maupun tulisan. 

Konten tersebut selanjutnya dapat dipost pada platform baik melalu website, media sosial seperti Instagram, facebook, YouTube, maupun TikTok.

Seorang content creator dapat dengan mudah menyebarkan konten yang telah dibuatnya diberbagai platform, tidak sekedar membuat konten saja. Sekarang content creator juga memiliki andil dalam dunia content marketing.

Skill content creator

1. Riset

Riset menjadi salah satu keahlian yang harus dimiliki. Dengan adanya riset maka kualitas informasi yang disampaikan pada konten akan bagus dan dapat dipercaya.

Riset juga berguna untuk mengetahui bagaimana tren dan volume dari audiens yang ada.

2. Manajemen waktu

Manajemen waktu menjadi hal yang wajib dilakukan juga. Dengan manajemen waktu yang baik, maka kalian akan menghasilkan konten yang bagus, sesuai jadwal yang ada, dan tidak disibukkan dengan kegatan lain.

Manajemen waktu perlu dilakukan apalagi jika kalian menjadikan content creator ini sebagai kegiatan sampingan ditengah pekerjaan utama kalian.

3. Content writing dan copywriting

Dalam membuat konten selain tulisan seperti video juga diperlukan sebuah naskah, caption ataupun script. Oleh sebab itu kemampuan content writing dan copywriting merupakan skill yang cukup penting.

4. SEO

SEO juga menjadi hal yang harus dikuasai apalagi untuk content creator dalam suatu website. Seperti penulis artikel. Namun tidak hanya artikel, saat ini juga ada yang namanya YouTube SEO juga.

5. Fotografi dan videografi

Jika konten yang dibuat berupa foto dan video, maka skill dari fotografi dan videografi merupakan hal yang harus dikuasai.

6. Editing

Editing menjadi skill finishing dari setiap konten yang dibuat baik itu berupa artikel, foto maupun video. Tujuan dari editing tentu saja untuk memperindah dan membuat konten lebih layak untuk dinikmati.

Tips content creator

1. Fokus dengan apa yang kalian minati atau kuasai

Yang pertama tentu saja memilih apa bidang yang kalian minati atau kuasai. Dengan begitu kalian akan menikmati proses pembuatan dan tidak merasa terbebani.

Dengan begitu konten yang dihasilkan akan bagus dan totalitas.

2. Peka terhadap tren

Selanjutnya yaitu peka terhadap tren yang ada, dengan memerhatikan tren maka kalian juga bisa mengundang banyak audiens.

3. Memahami target audiens

Pahami siapa target audiens yang ingin kalian tuju, buatlah konten yang sesuai dengan target audiens. Jika target audiens tidak sesuai maka akan sulit untuk mendapat lebih banyak audiens.

4. Menggunakan tools yang diperlukan

Kalian juga perlu belajar menggunakan tools yang diperlukan misalkan aplikasi untuk mengedit foto, video, ataupun platform untuk riset, dan masih banyak lagi tools yang diperlukan oleh content creator.

Atau juga alat-alat seperti smartphone, laptop, kamera, lightning, dan masih banyak lagi alat diluar aplikasi lainnya yang diperlukan sesuai kebutuhan.

5. Menentukan tujuan

Selanjutnya adalah menentukan tujuan dari pembuatan konten kalian, apakah untuk memperoleh banyak visitor, banyak like ataupun subscriber, untuk memperoleh penghasilan atau hanya kesenangan semata. Semua tergantung kalian, lakukan dengan serius dan konsisten.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan content creator, serta penjelasan mengenai skill dan tips untuk menjadi seorang content creator.

Semoga bermanfaat, silakan bagikan jika menarik dan beri komentar jika ada kritik ataupun saran.

Sekian, terima kasih.



Referensi: https://blog.skillacademy.com/apa-itu-content-creator#:~:text=Content%20Creator%20adalah%20orang%20yang,melalui%20media%20sosial%20yang%20sesuai.



Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

5 Komentar untuk "Apa yang Dimaksud dengan Content Creator? Berikut Ini Skill dan Tipsnya"

  1. Ternyata menjadi seorang content creator tidak mudah ya. Harus memiliki sekiranya 6 skill yang harus di kuasai. Terima kasih atas ilmu barunya min. Salam hangat.

    BalasHapus
  2. Terima kasih ilmu barunya, Kak. Ternyata di youtube juga mengenal istilah SEO juga. Saya pikir SEO hanya ada di penulisan artikel.

    BalasHapus
  3. Bener content creator mesti punya manajemen waktu yg bagus soal.y nggak ada yg ngatur. Sebuah kelebihan dan juga kekurangan buat diri sya ehhehe

    BalasHapus
  4. Waaah terimakasih untuk tulisannya, membuat saya lebih semangat membuat konten

    BalasHapus
  5. Terimakasih min artikelnya, akhirnya bisa memahami alur menjadi konten kreator

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel