-->

Apa yang Dimaksud Google Adsense? Inilah Cara Kerja dan Keunggulannya

Apa yang Dimaksud Google Adsense?

Apa yang Dimaksud Google Adsense


Apakah kalian sering mendengar istilah Google adsense? Google adsense sudah menjadi perbincangan di kalangan anak muda yang ingin memulai karir di dunia digital, baik itu menjadi YouTuber ataupun Blogger. 

Namun masih ada juga beberapa orang yang belum memahami apa itu adsense. Apa kegunaannya dan bagaimana cara menggunakan Google adsense. 

Disini saya mencoba untuk menuliskan kembali pengertian, cara kerja serta keunggulan dari Google Adsense. 

Karena semakin berkembangnya dunia digital, banyak orang yang ingin mencoba hal baru. Oleh karena itu simak artikel ini agar mendapat gambaran mengenai apa yang dimaksud Google Adsense.

Apa itu Google Adsense

Apa yang dimaksud Google Adsense? Google Adsense atau juga bisa disebut Adsense adalah platform periklanan dari Google yang membantu seseorang untuk melakukan periklanan dan menghasilkan uang dengan bantuan Google.

Kalian bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense lewat YouTube ataupun media blog sebagai tempat iklan ditempatkan.

Sedangkan para pengiklanlah yang akan memberikan uang melalui pihak Google, atau para pengiklan menginginkan iklan mereka ditempatkan dengan sesuai oleh pihak Google agar semua dapat saling menguntungkan.

Pengiklan membayar untuk mendapatkan pengunjung melalui traffic dari pengunjung YouTube atau blog yang melakukan klik di iklan yang terpasang.

Tidak semua akun YouTube atau blog dapat menggunakan Adsense. Karena Google akan memilih akun yang memiliki traffic tinggi dan persyaratan lain agar pengiklan mendapat keuntungan juga.

Cara Kerja Google Adsense

Secara simpelnya akan saya sampaikan beberapa cara kerja sederhana dari Google Adsense. 

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, dimana kalian dapat mendapatkan penghasilan dari Google Adsense, tetapi tidak semudah kedengarannya.

Mungkin berikut ini juga termasuk tips agar kalian dapat bekerja sama dengan Google Adsense.

1. Sebagai publisher yaitu orang yang menyediakan tempat untuk iklan tayang, seperti Pemilik Web, blogger ataupun YouTuber. Langkah pertamanya adalah mendaftarkan diri ke akun adsense, setelah itu mengajukan akun yang akan digunakan sebagai publisher, dan tinggal menunggu apakah akun kalian disetujui untuk menanyangkan iklan atau tidak. 

Perlu diingat jika mendaftar pastikan konten dan pengunjung atau subscriber sekiranya sudah mencukupi. Jangan mengajukan kepada Google Adsense tetapi kalian belum membuat konten sama sekali, atau masih sedikit.

2. Jika kalian sudah terdaftar dan diterima untuk menayangkan iklan, masukkan kode yang diberikan oleh Google Adsense pada akun blog atau YouTube, kalian bisa melihat Tutorial pemasangannya diluar sana tersedia secara gratis dan saya tidak akan membahas disini karena akan sangat panjang.

3. Setelah sudah terpasang, lalu cara kalian mendapatkan uang dari Google Adsense adalah dengan klik yang dilakukan oleh pengunjung pada iklan yang terpasang pada platform milik kalian. 

Perbanyak traffic atau pengunjung dengan membuat konten yang menarik dan bermanfaat agar presentase klik semakin besar. Jika YouTube biasanya adalah tidak skip iklan pada awal video.

4. Jangan coba-coba untuk mengakali klik dengan melakukan klik secara berlebih dengan sengaja, karena akun kalian dapat dibanned oleh Google. Fokus saja untuk membuat konten dan mempelajari SEO agar semakin banyak pengunjung yang datang.

Keunggulan Google Adsense

1. Menyajikan iklan sesuai dengan audiens

Iklan yang ditampilkan dalam YouTube atau website kalian akan sesuai dengan topik atau tema yang kalian pakai. 

Misalkan kalian membuat konten mengenai sepak bola, maka iklan yang ditampilkan bisa berupa sepatu, bola, atau hal lain yang berhubungan dengan sepak bola.

2. Kendali iklan tidak sepenuhnya di pihak Google

Kalian bisa melakukan blokir juga terhadap beberapa iklan yang menurut kalian tidak sesuai atau mengandung hal yang buruk.

Google juga tidak memberikan iklan yang berbau kekerasan ataupun pornografi, dan kalian juga jangan membuat konten yang berbau hal tersebut.

3. Google Adsense menampilkan iklan yang membayar tinggi

Google Adsense juga berusaha memberikan kalian keuntungan yang tinggi dengan menampilkan beberapa iklan yang membayar paling tinggi.

4. Dukungan terhadap format iklan

Google Adsense memiliki beberapa format iklan yang didukung seperti iklan gambar, iklan teks, iklan video, iklan HTML, dan iklan ramah seluler.

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan Google Adsense beserta cara kerja dan keunggulannya.

Semoga bermanfaat, silakan bagikan jika menarik dan beri komentar apabila ada kritik maupun saran.

Sekian, terima kasih.


Referensi: https://www.ekrut.com/media/adsense-adalah 


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Apa yang Dimaksud Google Adsense? Inilah Cara Kerja dan Keunggulannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel