-->

Apa yang Dimaksud dengan Domain dan Hosting

Apa yang Dimaksud dengan Domain dan Hosting

Apa yang Dimaksud dengan Domain dan Hosting


Jika kalian ingin membuat suatu blog atau website. Domain dan hosting merupakan dua hal yang kalian butuhkan. 

Tentu selain dengan berbagai fungsi yang akan dijelaskan pada artikel ini nanti. Salah satu faktor lainnya adalah tentang profesionalitas agar website kalian tidak memakai domain atau hosting yang gratisan. 

Apa maksudnya? biasanya jika kalian menggunakan CMS (Content management system) untuk membuat sebuah blog, maka kalian akan diberi sebuah nama domain gratis. 

Misalnya websiteku.blogspot.com atau websiteku.wordpress.com dan untuk CMS blogger biasanya akan mendapatkan hosting gratis. 

Tentu tidak apa-apa, tapi jika ingin menggunakan website resmi seperti website perusahaan atau sekolah, tentu blogger bukan pilihan yang cocok. Domain dan hosting dapat kalian beli di berbagai website penyedia layanan domain dan hosting. 

Masih banyak orang yang kebingungan mengenai perbedaan dan penjelasan dari apa yang dimaksud dari domain dan hosting ini. 

Berikut ini ada penjelasan yang semoga membantu kalian memahami apa yang dimaksud dengan domain dan hosting.

Pengertian

Berikut ini adalah pengertian dari domain dan hosting:

Apa itu Domain?

Domain bisa dibilang sebagai alamat dari suatu website. Setiap komputer yang saling berhubungan memiliki alamat IP. Dikarenakan alamat IP yang ada berupa deretan angka yang sulit untuk dihafal. 

Maka dari itu muncullah domain yang berfungsi juga sebagai alat pengingat untuk mempermudah pengguna mengakses internet.

Jika kalian masih belum tahu apa atau bagaimanakah nama domain itu? Salah satu contoh nama domain yang sering kalian lihat di internet adalah seperti (.com), (.net), (.site) dan masih banyak lagi.

Apa itu Hosting?

Sedangkan hosting adalah tempat menyimpan data digital dari suatu website, data tersebut bisa berupa teks, gambar, video. 

Tujuan dari hosting pada sebuah website juga agar setiap data dapat diakses secara online oleh orang lain, dan kalian yang mempunyai hosting juga lebih mudah menggabungkan informasi dari gambar maupun video. 

Hosting ada yang berbayar dan juga ada pula yang gratis. Banyak penyedia atau penjual layanan hosting. 

Untuk hosting gratis kalian bisa menggunakan CMS blogger, dimana hosting langsung disediakan dari google dan gratis.

Jenis

Berikut ini adalah jenis dari domain dan hosting.

Jenis Domain

Jenis domain dalam penamaannya biasa disebut TLD (Top Level Domain). Jenis TLD dibagi menjadi dua yaitu gTLD (Generic Top Level Domain) dan ccTLD (Country Code Top Level Domain).

Nama domain gTLD misalnya seperti .com, .net, .sch, .net, .site, .co, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk jenis ccTLD adalah jenis domain yang digunakan khusus untuk negara tertentu. 

Misalnya Indonesia, domain ccTLD yang digunakan ada id, contoh .go.id, .co.id, .net.id), untuk Malaysia menggunakan .my, untuk Jepang menggunakan .jp, dan masih banyak lagi.

Jenis Hosting

Jenis hosting digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Berikut ini adalah jenis-jenis hosting:

1. Shared hosting: Biasa digunakan untuk website perusahaan, sekolah ataupun company profile. Salah satu jenis hosting yang lebih murah daripada yang lain.

2. Dedicated hosting: Digunakan untuk kebutuhan yang lebih tinggi, merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan paket dari sebuah hosting yang sumber dayanya didedikasikan untuk klien tunggal.

3. VPS hosting: Sama halnya seperti Dedicated hosting, VPS sendiri merupakan singkatan dari Virtual Private Server, digunakan untuk website dengan kebutuhan yang tinggi.

4. Cloud hosting: Cloud hosting merupakan jenis terbaru yang mungkin akan jarang kalian temui pada sebuah layanan web hosting. Jenis ini menggunakan konsep teknologi komputasi awan yang memiliki kecepatan lebih baik dan aman karena menggunakan banyak server di berbagai negara. Tidak hanya menggunakan satu server saja.

Itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan domain dan hosting, serta jenis dari keduanya. 

Semoga bermanfaat, silakan beri komentar jika ada kritik maupun saran. Sekian, terima kasih.

Referensi: 

https://idwebhost.com/blog/pengertian-domain-dan-hosting-serta-macam-jenisnya/
https://www.domainesia.com/berita/pengertian-hosting-dan-domain/
Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Apa yang Dimaksud dengan Domain dan Hosting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel