-->

Profesi Masa Depan Generasi Sekarang, Perlu Sedikit Waspada



Profesi yang diminati generasi sekarang

Pada artikel opini sebelumnya sudah saya tuliskan bagaimana teknologi sudah menjadi keseharian para anak muda zaman sekarang. Mereka rata-rata lebih sering dan lebih senang untuk menghabiskan waktu untuk bermain game ataupun scrolling media sosial.

Memang ini hanyalah dampak negatif yang timbul dari perkembangan teknologi saat ini. Dan memang pada dasarnya setiap hal pasti memiliki sisi baik maupun buruk. 

Anak muda generasi saat ini lebih sering menyebutkan profesi-profesi yang tidak pernah terpikirkan 20 atau 30 tahun yang lalu saat ditanya apa cita-cita mereka.

Mereka akan dengan bangga menyebut kalau mereka ingin menjadi seorang Youtuber, content creator, selebgram, dan masih banyak lagi. Sudah jarang terdengar mungkin jika ada murid yang masih ingin menjadi guru, pilot, atau polisi. 

Menjadi YouTuber lebih menyenangkan dan dapat menghasilkan penghasilan dari hal yang disenangi. Dalam tulisan ini, saya hanya akan membahas profesi-profesi yang sekiranya menjadi primadona generasi muda saat ini.

Hal ini bukan berarti bahwa tidak ada lagi murid yang bercita-cita menjadi guru, professor atau dokter. Tentunya masih banyak, tapi ada tambahan profesi-profesi yang baru seperti Youtuber dan kawan-kawannya tadi.

Alasan profesi tersebut banyak diminati

Mengapa bisa profesi-profesi baru ini muncul dan menjadi cita-cita baru bagi mereka? Yang pertama adalah kemudahan akses mereka pada dunia digital. Mereka akan lebih sering mengetahui hal-hal baru dan menyenangkan hanya dari layar smartphone mereka.

Yang kedua, profesi-profesi ini merupakan suatu profesi di bidang yang mereka sukai yaitu media sosial, game, dan lain sebagainya. Mereka sangat menikmati dan merasa terhibur. Kebanyakan dari mereka berpikir kalau pekerjaan atau profesi tersebut nantinya mudah dan lancar dijalani.

Padahal pada setiap profesi akan selalu ada persaingan. Dan tidak hanya dengan satu, sepuluh orang saja. Bisa jadi minat dari profesi-profesi ini nanti diperebutkan oleh ribuan bahkan jutaan orang. Persaingan juga tak semudah yang mereka bayangkan.

Kemudahan akses kepada dunia digital membuat mereka terbiasa dengan hal-hal yang instan. Sehingga lupa akan adanya sebuah proses. Mereka, yaitu generasi muda saat ini akan menyerah di tengah jalan dan menjadi bingung ketika ternyata persaingan yang dijalani tak semudah yang dibayangkan.

Sebuah proses yang tidak pernah mereka alami, akan terasa menjadi hal yang aneh. Kebiasaan terhadap hal-hal yang instan membuat mereka malas dan tidak terbiasa juga tidak suka dengan yang namanya sebuah proses.

Menyadarkan generasi sekarang

Oleh karena itu, sebelum terjun kepada dunia industri digital baik itu game maupun media sosial. Mereka setidaknya memiliki bekal berupa skill dan setidaknya gambaran bagaimana nasib mereka setelah ini, baik itu nasib baik maupun buruk.

Dan meyadarkan mereka bahwa masih ada pekerjaan yang lebih mulia dan lebih dibutuhkan dari sekedar industri hiburan semata seperti media sosial dan game. Masih banyak profesi yang dapat mereka pilih dan lebih bermanfaat.

Memang banyak orang yang sukses pada profesi-profesi ini. Dan ini merupakan profesi yang sangat menjanjikan, baik itu Youtuber, selebgram, content creator di media sosial dan masih banyak lagi. Jika memang serius, setidaknya membuat konten yang bermanfaat bagi orang lain bisa menjadi pilihan yang utama dari mereka.

Tidak harus menjual harga diri hanya demi sebuah konten. Menjadi content creator yang baik adalah yang bermanfaat dan memiliki keunikan serta tidak mengandung unsur yang negatif. Menjadi seorang content creator juga membutuhkan skill dan kemampuan yang harus selalu diasah.

Asalkan sesuai takaran

Jadi, menjadi apa saja itu boleh asalkan sesuai dengan takaran. Dalam artian ini yang dimaksud adalah sesuai dengan kemampuan dan usia. Untuk generasi saat ini, apalagi di usia yang masih di bangku sekolah seperti SD ataupun SMP haruslah mendapat bimbingan langsung dari orang tua.

Karena misalnya saja dari dunia game, dampak dari bermain game ini bisa dibilang lebih banyak mengarah kepada hal yang negatif. Hanya segelintir anak muda saat ini yang bermain game tanpa berkata kotor. Kebiasaan seperti itulah yang dapat mengacaukan generasi saat ini. 

Semoga saja ada solusi yang tepat untuk menghilangkan kebiasaan buruk generasi sekarang terutama pada dunia digital media sosial dan game. Agar mereka dapat memperoleh hal-hal yang positif saja untuk didapat dan dimanfaatkan kepada sesama juga.

Bagaimana cara agar mereka tidak terbelenggu teknologi dan tidak terbiasa menikmati hal-hal yang instan merupakan salah satu cara agar mereka dapat melakukan sesuatu dengan benar dan menghindari dampak-dampak negatif yang seharusnya dapat mereka hindari.

Karena di dunia yang sekarang ini, dimana semuanya serba instan. Sulit untuk memberi tahu bahwa hal yang baik dan berkualitas, tidak dapat diperoleh dari perjuangan yang malas-malasan dan buruk. Semoga generasi saat ini dapat menjadi generasi yang dapat diandalkan di masa yang akan datang


Mohammad Rizal Abdan Kamaludin Seorang gamer yang mau pensi karena sadar akan penting nya membaca dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Profesi Masa Depan Generasi Sekarang, Perlu Sedikit Waspada"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel